Senin, 23 Juni 2008

Sharing: Indigo

Lagi, jadi pembicara tema indigo.
Kali ini di Perpusnas, atas undangan Univ YAI Jakarta.

Jika pada kali pertama di UIN, bintang tamunya adalah anak indigo (Anisa Rania Putri: anak kecil yang jago bahasa inggris sejak pertama kali mengeluarkan kata pertama, tanpa diajarkan oleh ibunya/siapapun), maka pada kesempatan tadi adalah indigo berusia dewasa. 2 sampel berbeda ini, membuat saya jadi mulai mengerti alurnya indigo ini.

Heboh fenomena indigo sudah terjadi beberapa waktu lalu, sejak gembar-gembor pemberitaan di media.
Kick Andy Show pernah menayangkan seorang anak (Ario, 12 th) yang mampu menulis aksara cina kuno, padahal tidak pernah diajari. dimana berdasarkan keyakinannya, ia adalah prajurit perang cina, di masa terdahulu, sebelum ia dilahirkan di masa kini. Selain itu, Ario memiliki kemampuan ESP (Ekstra Sensory Perception) berupa kemampuan melihat makhluk halus, dan dapat mengetahui bahwa neneknya akan meninggal (firasat).

Annisa Rania, termasuk yang sering diberitakan, terutama tentang kemampuannya menceritakan secara detil hal2 yang terjadi selama berada dalam rahim ibunya. hal ini diceritakannya secara fasih dalam bahasa inggris.

Sementara itu, pada kasus yang saya temui hari ini: indigo dewasa, ternyata ia tidak pernah tidak merasakan mimpi dalam tiap tidurnya. bahkan tidur 5 menit saja bisa bermimpi. uniknya, sejak usia 3th, beliau sudah sadar akan mimpi yang dialaminya (bayangkan: bukankah kognisi kita seharusnya pada usia tersebut belum punya kesadaran akan hal2 yang abstrak toh? ck..ck..ck). Hal unik lainnya, mimpi2 tersebut banyak yang menjadi kenyataan, dan ia juga sering berada di tahun2 bersejarah dalam mimpi tsb (pernah berada di tahun 1928, di masa eyang buyutnya)

Sebelum saya ceritakan sebuah alur yang terkait dengan indigo anak2 ke indigo dewasa, ada baiknya saya cantumkan sedikit penjelasan terkait dengan indigo ini.

Istilah indigo berasal dari bahasa Spanyol yang berarti nila. Warna ini merupakan kombinasi warna biru dengan ungu. Warna-warna tersebut diidentifikasi lewat cakra di tubuh. "Letak indigo ada di kening, persisnya antara cakra leher yang berwarna biru dengan cakra puncak kepala yang berwarna ungu,"

Orang awam dapat mengidentifikasi indigo ini berdasarkan ciri sbb:

Suka berbicara sendiri
Dapat melihat masa lalu dan masa depan
Cenderung lebih matang dari usianya (dapat menangkap perasaan, kemauan dan pikiran orang lain)
Kecerdasan di atas rata-rata: mampu melakukan hal-hal yang bahkan belum pernah dipelajari sebelumnya.


Namun ada ciri spesifik yang harus dipastikan dalam menentukan apakah individu tsb indigo atau tidak, yakni:
Memiliki aura berwarna nila (berdasarkan hasil foto aura)
Memiliki kemampuan spiritual bawaan: mengetahui sesuatu yang berada di luar kemampuan sensorinya (ESP: Extra Sensory Perception)
Anak indigo biasanya banyak bertanya, dan orangtuanya akan kewalahan menjawab. Umpamanya, kenapa harus begini, kenapa harus begitu. Dia akan merasa heran untuk beberapa hal, yang dirasa tak masuk akal. Seringkali bersikap non-kompromistis terhadap segala sesuatu yang dinilainya bersifat pemaksaan

Disebabkan ada ciri spesifik yang harus dipastikan, seperti tercantum di atas, then how to assess?

Foto Aura

Observasi dan Wawancara: terkait dengan penggalian pola pikir, sikap2 dewasa (kebijaksanaan) dan pengalaman2 spiritual atau kemampuan ESPnya


Intinya, klo ada di antara anda yang merasa memiliki ciri2 di atas, baru bisa mengaku indigo klo udah ada hasil poto auranya ya. makanya: yuukks rame2 foto aura, buat lucu2an juga boleehh, apalagi klo ternyata aura kita indigo kan kali aja bisa diundang jadi bintang tamu. hehehehehe...., psikolog indigo kan belum ada tuuhh...hahaha..

Lanjut.

Jika dari ciri2 tsb di atas, such: suka berbicara sendiri, merupakan ciri2 abnormalitas, apakah indigo masuk kriteria diagnostik?

Istilah Indigo tidak terdapat pada DSM IV (Diagnostic N Statistical Manual for Mental Disorder), ataupun ICD-10 (Psikiatri). SHg Indigo tidak dapat dianggap sbg ‘penyakit’

Maka harus dapat dibedakan antara indigo dengan kriteria2 lain, seperti:

Jika salah satu ciri indigo adalah Suka berbicara sendiri, hal ini tidak berarti bahwa anak indigo sama dengan Autisme, pun bukan childhood onset of schizophrenia

Jika salah satu ciri indigo adalah Aktif dan cenderung ‘tidak bisa diam’, pemberontak. Hal ini tidak berarti bahwa anak indigo sama dengan Hiperaktif atau ADHD

Jika salah satu ciri indigo adalah Cerdas, dapat mengerjakan berbagai hal yang belum pernah diajarkan. Hal ini tidak serta merta menjadikan anak indigo ke dalam kriteria anak2 Gifted or Talented.

Nah, kira2 demikian penjelasan singkatnya.

Kemudian, yang menarik untuk dipaparkan dalam forum diskusi ini adalah terkait bukti2, bahwa terdapat dilema yang terjadi pada diri individu indigo:

Secara Kognisi: ada ‘jarak’ antara kemampuan intuisinya yang luar biasa dalam hal mempersepsikan dunia – dengan – ‘pengalaman pahit’ yang harus dialaminya atas ketidakadilan yang ditemui/dirasakan dari lingkungannya. Hal ini menimbulkan ‘rasa sakit’ dan perasaan tidak nyaman terhadap dirinya sendiri, merasa ‘tidak utuh’ (Un-Fullness).

Disebabkan sering berfikir tentang hal2 yang berada di luar kewajaran, terkadang anak indigo menjadi sakit secara fisik >> lantas menjadi tertekan, represi ke alam mimpi >> terjadi mimpi buruk >> kemudian timbul reaksi2 fisiologis yang tidak sehat

Selain itu, dengan kelebihan yang dimiliki, cenderung membuat anak menjadi tidak realistis dan malas. "Kalau mereka konsentrasi dengan memusatkan energi, mereka bisa membayangkan soal-soal yang akan keluar dalam ujian. Ini bisa membuat mereka jadi malas belajar."


Lantas, apa yang bisa kita lakukan terhadap mereka?


After-school programs: Mengulang pelajaran di sekolah, secara individual. Utamanya bagi mereka2 yang tidak bisa melibatkan diri dalam proses KBM di sekolah.

Konseling individual terkait dengan kesulitan-kesulitan yang ditemui selama di sekolah, juga dapat dilakukan.

Konseling: Pendekatan kognitif, ditekankan pada aspek pengalaman-pengalaman spiritual atau ‘pengalaman ajaib’ yang dialaminya. Sebab, mereka sering merasa tidak berada di bumi (‘out of place in this world’)

Medication: ada dugaan bahwa dalam sistem limbik otak, terutama neurotransmiternya, terganggu.

Dirikan semacam perkumpulan bagi para indigo yang ‘petualang spiritual’: sebagai tempat berdiskusi, belajar bersama, dan sharing ide-ide atau sebagai tempat ‘penyembuhan diri’ (healing)

Memfasilitasi ‘proses teurapeutic’ bagi anak, utamanya terkait dengan kemampuan spiritual si anak, sehingga potensi-potensi luar biasa yang dimiliki oleh anak indigo ini dapat mengarahkan perilaku-perilakunya pada hal-hal positif saja.

Jembatani ‘jurang’ yang dimiliki anak indigo. ‘Jurang’ ini berupa: kemampuannya mempersepsikan dunia secara intuitif dan ‘luar biasa’, namun di sisi lain mereka juga merasakan ‘sakit’ dan ‘pahit’ akibat banyaknya ketidakadilan/ketidakberesan dari dunia di sekitar mereka. Proses ‘healing’ (pen-jembatan-an) ini akan secara perlahan mengurangi (bahkan menghilangkan) ‘rasa sakit’ atau ‘rasa tidak nyaman’ anak indigo terhadap kemampuan yang mereka miliki. Serta izinkan anak-anak ini memiliki ‘ruang’ bagi hidupnya, agar bermakna dan memiliki tujuan yang positif.

Kekuatan yang mereka miliki agar bisa diarahkan ke hal-hal yang positif (kemanusiaan, misal: u/ penyembuhan, pengambilan keputusan penting di masa depan, dll). FYI, di Amerika, individu2 indigo 'dimanfaatkan' untuk membantu negara.

Penting untuk diingat: agar tidak mengkomersialisasikan anak indigo ini dalam bentuk apapun, guna mencegah beban psikologis dan beban sosial pada diri anak.

Untuk mengurangi ‘ketersiksaan’ anak atas kelebihan yang dimilikinya, terkadang penting pula untuk "menormalkan" anak-anak berdaya lebih ini. Dapat dilakukan dengan cara “menumpulkan" kemampuan si anak: orang tua dapat memberi pengertian bahwa apa yang diketahui si anak itu semata-mata faktor kebetulan.

Last,

Anak-anak indigo pada dasarnya seumur hidup akan indigo terus (berkembang menjadi 'indigo dewasa'). Di usia anak-anak, mereka kerap "berontak". Tapi ketika dewasa, karena sudah bisa menyesuaikan diri, sikap pemberontakannya berkurang.

“Pendampingan" terhadap anak indigo sangat diutamakan, agar mereka bisa tumbuh secara wajar.

Contoh pada indigo dewasa yang saya temui tsb, ternyata saat ditanyakan 'apakah capek dengan kemampuan luar biasa yang dimilikinya? dan apakah ingin menghilangkannya?' Jawabannya adalah 'YA! Tapi mau bagaimana lagi, ya dijalani saja'

---

“Seorang anak harus tahu bahwa ia adalah keajaiban, sebuah mukjizat yang belum pernah ada sejak kejadian bumi, dan sampai akhir zaman bahwa takkan ada anak lain yang seperti ia.”

~Pablo Casals~


46 komentar:

M O N K E Y d_RUFFY mengatakan...

aku anak-indigo bkn y?
seru jg kl ada acara fto aura brg... ^_^
mari bpoto!

Anonim mengatakan...

eh gilaaaaaaaaaa kamu pinter bgt!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

gila gila gilaaaaaaaaaaaaa

pola pikirmu hampir sama dgnku

pasti km sering stresssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss

Anonim mengatakan...

salam kenal....

bu dosen...

Indigo???

im still not sure...

magenta, dkknya juga membuat bingung...

kalau akibat fenomena alam..yang membuat seseorang menjadi indigo...

menurut sy "tuhan tidak melempar dadu.."

rafa mecil mengatakan...

keren buk,,,

slam knal,,,
indigo.???
dgn kmmpuan di atas rata2 slh satunya,,
lalu "menumpulkan" kmmpuan itu apakah ckup dgn, mengatakan itu hanya khayalan atau apalah namanya,,

Anonim mengatakan...

mbak, kamu dosen mana?
di universitasmu dah pernah yang neliti anak indigo?
aku mahasiswi tingkat akhir unair..salam kenal :)

Anonim mengatakan...

aku juga anak indigo.......

tapi jika aku diijinkan Pemilikku untuk terlahir kembali
aku memilih jadi manusia normal

diana beatricx mengatakan...

ak rs ak indigo dr kcil bs ngrasain hal2 baik ato buruk yg akn mnimpa ak n kel,bs ngliat hantu,sring bmimpi aneh n sring ngalamin kjdian yg ga msk akal,ak bs ngobatin ksleo ringan,tnp sdar suka bcara sndri,egosentris,krang suka bgaul mang c ak blm photo aura krn ga tau t4nya hehehehehe......slm ini ak mncari jwban ats smua k anehan ak theres somebody help me here.....???

Cimoy_Alien mengatakan...

salam hangat u/ semuanya . . .

seorang indigo adalah dimana orang tahu bahwa dirinya memang dilahirkan dengan keadaan yang tidak dirugikan atau di untungkan . Tuhan tidak mungkin melempar dadu . ALLAHUALLAM . dia sudah pasti akan menyadari keadaannya tanpa harus mencari tahu apakah dirinya seorang indigo atau bukan . jika di tanya dia pasti akan mengacungkan tangannya dan mengakui bahwa dirinya itu siapa, indigokah ato sebatas orang yang mengerti . buat mbak dosen yang cantik, cimoy minta data yang Lebii spesifik lagi y .

O ya, smoga untuk studi di Luarnya sukses y . Aussie juga boLe ntu . Gud Lak . hehe .

Inez Dwijayanti mengatakan...

saya anak indigo humanis,menjadi seorang indigo tidaklah mudah.
Bahkan beberapa yang memeiliki kemampuan cleirvoyance( melihat masa depan) suka stress sendiri melihat masa depan.Karena memank masa depan akan begitu banyak bencana.
Begitu banyak penolakan dan menganggap remeh kami.Hampir semua anak indigo yang saya temui mengalami masalah yang sama dengan saya,yaitu kesepian.Karena memang tidak ada yang mengerti kami.Tidak ada satu orang pun yang mengerti dunia kami selain sesama indigo :)
salam kenal

michiru_shinji@yahoo.com mengatakan...

Menjadi seorang indigo tidaklah mudah...

Bahkan beberapa yang memeiliki kemampuan melihat masa depan suka stress sendiri melihat masa depan.Karena meman9 masa depan akan begitu banyak masalah.

Begitu banyak penolakan dan menganggap remeh kami bahkan dari orang terdekat dan banyak juga yang menganggap kami pembohong tetapi setelah kenyataan itu terjadi banyak yang menjadi takut karena kemampuan kami.Hampir semua anak indigo yang saya temui mengalami masalah yang sama dengan saya,yaitu kesepian.Karena memang tidak ada yang mengerti saya...

salam kenal,,..
semoga mereka dapat mengerti keberadaan kami...

Haryo Widodo mengatakan...

salam kenal...
aku salah satu mahasiswa psikologi d jogja dan kbtulan sedang dalam proses skripsi n aku meneliti tentang orang-orang indigo..aku mohon bantuan referensi...apakah ada buku khusus tntang indigo atau perkumpulan khusus org2 indigo...mohon bantuannya...trimakasih sebelumnya...

Unknown mengatakan...

saya sering bicara sendiri, sering seolah2 bisa mengetahui apakah hari ini baik, atau buruk, otak saya seolah olah memproduksi banyak sekali pertanyaan2,seolah2 saya bisa membaca pikiran orang dari cara bicaranya, sering sekali menolak perintah , selalu mencoba memasuk akalkan segala sesuatu, melogikakan perasaan..
apa ini juga disebut INDIGO??
atau bentuk dari "kelainan" ??

R-indie mengatakan...

hello ...
indigo tu cuma sekedar "label" yg diberikan oleh orang-orang yg merasa dirinya "sempurna" ...

para indigo itu sama seperti kebanyakan manusia lainnya, yg pengen diakui dan GAK DILABELIN ...

so please jgn diskriminasi indigo cuma krn perbedaan n kelebihannya apalagi memanfaatkannya... para indigo juga gak pernah suka jika mereka dibedakan, "gak enak x klo dipandang 'beda' sama org laen, jadi ngerasa kyk alien di bumi sendiri"....

dan menurut 'gw pribadi' foto aura itu GAK PENTING n bukan patokan buat nentuin apa seseorang itu 'real indigo' ato 'indigo dadakan' ...
so jgn berharap orang yg di temuin itu 'real indigo' ato cuma 'indigo-indigo dadakan' yg pengen populer aja ... para indigo cuma bisa di ketahui sama sesama indigo dan mereka cuma bisa berteman n bergaul nyaman dengan sesama indigo, bukan krn mereka pemilih, tapi krn mereka tidak memandang orang berbeda !!! (pure heart)

hoshiryu@rocketmail.com mengatakan...

indigo itu individu2 yang kebanyakan menyebalkan,tapi lebih menyebalkan lagi orang yang merasa indigo yang ikut2an nyebelin hahahaha....

bisnisgratistis mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
bisnisgratistis mengatakan...

gw pernah melihat mahluk ghoib dua kali di dua tempat dan di waktu yg berbeda ,yg pertama berjubah hitam dan yg kedua berjubah putih,gw bisa mendengar suara ghoib,gambar yg gw lihat terlihat bergerak,sering berfirasat ketika melihat seseorang bahwa dia akan meninggal dan beberapa hari kemudian dia meninggal dan gw merasa berdosa karna dia benar2 meninggal dunia,sering mengalami dejavu, menurut gw tentang masa lalu dan masa depan adalah sama tidak jauh berbeda.dan gw pernah merasa seperti akan mati ketika mau tidur karna gw merasa tidak bernapas ketika mulai tertidur. semua kejadian itu membuat gw stres dan ketakutan karna gw merasa ada yg salah dgn diri gw,alhamdulillah sekarang gw sudah normal ketika gw mulai belajar dan menjalani ilmu agama. kesimpulan gw adalah yg gw alami adalah gangguan jinn. semua yg gw post di blog ini adalah benar. dan tentang indigo gw akui bahwa gw adalah indigo 06.03.1982, sekarang usia gw 29 thn. kemampuan yg masih melekat di gw adalah kemampuan berpikir,mencari solusi,mengambil keputusan,menghakimi perkara dengan benar.

Neo Astro Indigo mengatakan...

please....
come to our group...
if you wanna know more about us

http://www.facebook.com/profile.php?id=1123293417#!/group.php?gid=70682774043

mars_3v3nT'z mengatakan...

indigo mungkin suatu hal yang menakutkan bagi pemiliknya..
namun di sisi lain, bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan..
kayak waktu aku gy ngobrol ma tmenku yang gy punya masalah,ku diaggap ngerti dan memahami perasaan mereka'n senengnya mereka bisa ngrasa nyaman ma aku..akhirnya, paling nggak aku ngrasa bisa diterima dilingkunganku berada meskipun nggak semua,karena aku sering ngrasa berbeda ma yang lain..meskipun begitu,kadang aku tetep ngerasa sendiri,padahal aku hanya ingin diakui'n mereka menganggap keberadaanku..makanya,secara perlahan sekarang dah ad kemajuan..hehehe..
tapi di sisi lain,akupun juga takut,cox aku paling nggak tahan ma yang halus-halus,sekalipun aku sadar mereka itu ada,tapi aku sering nyangkalin itu.."MENAKUTKAN"..

Anonim mengatakan...

kalau udah tau diri kita indigo seterusnya harus gimana??????

Anonim mengatakan...

Saya bisa coba bantu Anda yang serius ingin melepaskan ke-indigo-annya. Silahkan call 08123023461 (Andri).

Anonim mengatakan...

wah, masih hangat ya diskusi tentang indigo. aku masih mengamati :)

Anonim mengatakan...

kalau mau foto aura dimana ya ? untuk wilayah jabodetabek kira-kira ada yg bisa bagi info ?

Anonim mengatakan...

mo poto aura liat info di http://www.pro-vclinic.web.id/

atau ada juga di mall mangga dua, kalo gak salah di lantai dua.

Unknown mengatakan...

sejak saya kecil saya sering sekali berasa apa yg saya "bayangkan atau mungkin menghayal atau saya omongkan "itu bakalan terjadi , cuma waktu saya kecil belum di kenal dengan istilah indigo , saya pikir itu hanya lah hayalan saya semata , namun semakin dewasa saya merasakan lebih beda , hingga orang rumah tidak kaget lagi kalo saya tidur akan sering jerit jerit dan menangis , karena saya melihat kejadian apa yang akan terjadi di dunia dan itu bakalan terjadi , akhirnya oleh kakak saya lantas saya dibawa untuk foto aura , kaget sekali melihat foto aura saya , hasil foto aura saya tidak ada warna lain selain warna biru ke ungu unguan ( nila ) dan setelah membaca buku indigo child ada beberapa kesamaan di diri saya , karena takut lupa dan takut di kira gila , maka saya di sarankan oleh kakak saya untuk menulis diary yang berisikan apa yang akan terjadi di dunia , dan memang ada yang sudah kejadian dan ada yang belum , dan terdorong oleh sahabat sahabat saya mempunyai masalah dan saya di hadiahkan sebuah kartu tarot oleh sahabat saya untuk memenuhi kaul nya ketika saya membantu beliau menyelesaikan masalah , hingga kini banyak orang yang minta untuk dibacakan kartu tarot , tapi sebetulnya bagi saya , kartu tarot itu hanya media saja , saya lebih bisa melihat ke "jiwa" org tersebut ,dan saya pun tidak meminta bayaran sedikit pun untuk orang meminta untuk di baca kan kartu tarot , karena saya masih bekerja , six sense atau apalah sebutannya bagi saya itu adalah gift dari Tuhan , Tuhan memberikan saya gift itu pasti ada maksudnya yaitu menolong orang orang membutuhkan

Anonim mengatakan...

itu saja kok repot,anak indigo itu seorang pemikir,namun bukan mikir duit,melainkan alam.ciri ciri indigo adalah;

1.malas bergaul dgn yang gak se ide.introvert

2.paling benci kalau denger orang ribut gara gara duit.

3.Gak suka keramaian,suka merenung dan menyendiri,yang direnungi bukan nasibnya,melainkan alam.

4.pintar,tapi goblok dan idiot di sekolah,mereka gak suka teori,tapi praktek.

5.mereka orang yang rasa ingin taunya tinggi,misal,kenapa air bisa keluar dari keran ya? Kenapa mobil bisa jalan ya? Padahal mereka baru kelas 5 SD.

6.suka membaca buku sains,dan ilmu pengetahuan untuk anak SMA,padahal dia masih SD.dll

7.di sekolah,misalkan SD,pasti bengal,bandel,nyeleneh,tapi bukan bodoh,indigo walau cuma ranking buncit,kalo dia mau,bisa ranking 1 disemester depan.cuma dia males aja,karena dia lebih tertarik sama pelajaran anak sma.

8.wawasannya indigo luas,mereka pintar karena pengalaman,bukan pendidikan formal.

9.bisa merasakan hawa hantu.

10.pemberontak,pemikir dunia,penyendiri,cepat emosi,anti penindasan,kezaliman,penyuka mistik dan musik metal.

11.mereka terlihat sombong,itu bukan karena sombong,tapi akalnya sedang di alam lain.
Untuk sementara itu dulu.

Anonim mengatakan...

Tambahan sambungan di atas;

12.anak indigo itu wajahnya 10 tahun lebih tua dari umur sebenarnya,karena dia kebanyakan diam dan kurang bahagia.

13.indigo itu ingin sekali menjadi pendekar,yang membasmi musuh musuh dan kezaliman lainnya.

13.indigo itu pemurung,mereka orang yang tidak bahagia,indigo sangat sulit memilih tujuan hidup dan cita cita,karena mereka bingung,mau bekerja untuk menolong manusia atau bekerja untuk dirinya sendiri,sementara dunia adalah kompetesi bidang materi,ini adalah penyebab indigo banyak yang stress.

13.para indigo selalu memikirkan dunia,dan akhirat,walaupun ia bukan orang alim,namun ia tahu bahwa ia di ciptakan untuk membantu sesama dan membasmi kezaliman,penindasan,dll

14.indigo itu kalo bidang yang di tekuninya pas,dan sesuai seleranya,maka ia akan berkembang pesat.tapi kalo bidang yang di kerjakannya bukan yang ia sukai,di siram air panas pun ia gak akan bangun dari tempat tidurnya.

15.umumnya indigo tak pernah berpikir ingin menjadi kaya,tapi ia berpikir bagaimana menyelamatkan manusia,indigo walaupun punya aset 500 triliun dolar,dia akan tetap indigo,yaitu low profile,tidak pamer,dan seperti yang saya katakan diatas,kenapa? Karena indigo hidup bukan untuk mencari uang,melainkan sesuatu yang lain.

16.indigo itu punya daya tarik yang kuat,para wanita akan jatuh cinta pada indigo,karena tatapan indigo itu seperti SIHIR.tapi aneh bin ajaib,indigo takut pada wanita,hahaha..

Anonim mengatakan...

dari ciri indigo baru tahu saya termasuk katagori itu...benarkah?????
apakah indigo itu keturunan ?
selama ini aku pikir keanehan ini karena keturunan dan pola hidup????

Anonim mengatakan...

q bs ngrasain hal2 baik ato buruk yg akn terjadi,bs ngliat hantu,sring ngalamin kjdian yg ga msk akal,bs ngobatin,tnp sdar suka bcara sndri,krang suka bgaul and ..q kayak nya bisa mindahin barang dari suatu tempat yang q ingat ke sekitar q( ex; q lupa bw buku bahs arab trz, q cek di tas 100% ga ad ..trz, q inget klu ketinggalan dikamr ..trz, q ingt2 letak semua brng di kamr.. and, q lupa in .., trz, beberapa menit kemudian q ngecek di tas.. barang nya ad ) udh 3x .. kejadian, semenjak punya pemikiran q bisa telfort ..ap ithu salh 1 kemampuan seorng indigo jg??
btw, klu mau ngecek aura gmn ya??

Anonim mengatakan...

masih ragu indigo atau hanya kebetulan

Moh. Nachli mengatakan...

Anak indigo sebenarnya tidak gamppang stress, untuk lingkungan memang perlu bimbibingan lebih. Anak indigo sebenarnya bisa menganalisa apa yang dilihat, apa jin, setan, hantu, dll dan sebenarnya berfikir logis.

Pengendalian dirinya lebih baik dari anak normal. Soal bahagia dan tidak nya sama saja dengan manusia yang lain, lihat sikon. Anak indigo juga ingin hidup kaya walau kekayaan bukan tujuan utama baginya.

Yang sering saya baca pada artikel anaqk indigo sering memasukkan anak yang punya kelainan syaraf pada otaknya dan juga yang tergolong idiot dimasukkan ke indigo, sebenarnya berbeda

Anak indigo sebenarnya suka belajar, tidak malas belajar karena dari sifat ingin tahuanya yang besar.
Keadaan fisik dan susunan syaraf anak indigo lebih baik dari anak normal, perasannya memang sensitif dan lebih peka dari anak normal.

Semua artikel yang saya baca banyak yang nyleneh dan yang ditulis dan diteliti buklan anak indigo, tapi berkelainan syaraf dan anak idiot.

Energi elektromagnetik dan getaran dominan lebih tinggi dari normal, adalah modal utama untuk sehat lahir dan bathin. ini sebenarnya berada pada anak indigo dan indigo dewasa.

Moch. Nachli mengatakan...

Anak indigo sering diasosiasikan dengan penglihatan masa depan dan makhluk ghaib, sebenarnya masing masing indigo punya daerah operasional sendiri tidak akan sama antara indigo satu dengan lainnya walau mungkin ada sedikit kesamaan.

Masing masing punya bakat keindigoan sendiri, kelebihan yang dimilika tidak semua hal yang menyangkut indigo.

Misi, anak indigo punya misi dan keindigoannya disesuaikan dengan misinya, untuk merubah kehidupan di dunia ini supaya lebih baik.

Jika manusia indigo bersatu akan bisa menimbulkan perubahan besar didunia ini, dari masing masing punya kelebihan dan kekurangannya...dari kelebihan masing-masing bersatu bisa menimbulkan kekuatan besar, dan enrgi yang luar biasa.

Anonim mengatakan...

saya adalah salah satu indigo dewasa, saya mendapat5kan gift ini saat usia 26th sejak mama saya meninggal.
saya mempunyai kemampuan bahasa mandarin dan dapat menguasai dengan cepat bahasa yang berhubungan dengan cina.
dan mendapatkan kemampuan mengobati orang lain dengan tenaga dalam .
dan berhubungan dengan roh halus baik yang sudah mati atau yang sudah ada.
namun bagi saya itu merupakan bumerang karena saya menjadi selalu paranoid dengan orang lain,
namun saya selalu menderita dengan kemampuan dan intuisi saya.dan mereka mengganggap saya ancaman dan makhluk aneh terkadang saya menjadi bahan ejekan.
bagi saya gift itu seperti dua mata pisau bagi saya namun saya yakin Tuhan memberikan ini passti ada tujuannya...

Anonim mengatakan...

lady indigo
saya anak indigo dewasa dan pernah mengalami dua kematian.
kematian pertama saat operasi usus bantu, dan kematian kedua adalah saat tertidur malam jumat. karena bagi saya saat itu hanya kematian yang mampu menyelesaikan beban ini
.
dan saya pengen tahu bagaimana rasanya mati itu.
saat itu juga saat saya tertidur,
Tuhan memperlihatkan sendiri ruh saya diangkat dari raga.. jiwa saya melayang dari tubuh sedangkan masih tertahan ditenggorokan rasa ketakutan dan seperti dicekik.
seseorang membisikan saya untuk berdoa dan saya berdoa,"Tuhan ampuni saya meminta mati sedangkan tugas didunia saya masih banyak kembalikan jiwa ini kembali."
seperti mimpi saya tersadar dan bangun ketakutan. pengalaman kematian dan selalu dekat dengan hawa kematian yang saat ini dimiliki saya sehingga saya memliki kemampuan penyembuhan dan deteksi penyakit.
Bagi saya Tuhan selalu mendengar keinginan saya secara instan, tapi justru beban bagi saya karena saya diharuskan membantu, berjiwa bersih tulus dan ikhlas.bila hati saya terkotori oleh niat jahat ..musibah akan datang bagi saya.
dan di dalam tubuh saya ada dua pribadi, seorang wanita dan pria yang memiliki kemampuan berbeda sehingga terkadang orang terkecoh saya seperti orang dewasa
keanehan yang lain saya mampu mendengar bisikan halus dan mendengar suara hati orang yang berniat jahat pada saya sehingga dalam sosialisasi, saya hanya mempunyai dua orang teman.
keanehan yang timbul lainnya, saya merasa roh halus selalu menyukai saya sehingga terkadang ada kontak batin dan bagi saya mereka adalah teman yang menerima saya apa ada nya dan mahluk yang jujur dengan perasaannya.
dari itu saya sadar umur saya tidak akan dipotong setelah saya selesaikan tugas sebagai tangan Tuhan.

buat anak kok coba coba mengatakan...

bagaimana cara jin atau hantu membunuh manusia? Begini caranya,ijin share sista.jin hantu bisa membunuh manusia versi ane cara hantu membunuh manusia

Dan yang paling rentan itu yang dekat dengan dunia ghaib.waspadalah sista dan agan.

Bulan Kecil mengatakan...

Istilah hantu sendiri adalah nama lain dari syaitan, cara membunuh mereka bukan dengan cara yang pada umumnya kita lihat di film2, cara mereka cukup banyak untuk membuat manusia hilang akan imannya, seperti misal kerasukan, yang berhubungan dengan mengendalikan energi simanusia tsbnya, sedangkan ketakutan itu sendiri terhadap syaitan sudah termasuk dalam perangkapnya.

Anonim mengatakan...

seorang sahabat saya memiliki ciri2 yang ada di atas cenderung pemalas, lebih suka mengerjakan hal2 yang bukan diluar bidang kuliahnya dari pada mengerjakan tugas, anehnya sekalipun dia malas belajar dan terlihat tidak memperhatikan dosen ketika belajar dia selalu mampu menjawab dan mengerjakan apapun, sangat kreatif, terampil, emosional, cepat marah, ekspresif ketika marah dan memang dia tidak begitu banyak bergaul. selama 4 tahun kuliah yang saya tahu temannya itu cuma dua saya dan teman saya. dia juga begitu menutup terhadap lawan jenis, tapi anehnya sekalipun dia tidak pernah bergaul dengan seseorang baik sesama jenis atau lawan jenisnya, dia pasti tahu sifat dan karakternya. dia juga selalu bisa membaca pikiran saya dan yang lebih mencengangkan ketika itu saya baru berjalan 2 minggu berpacaran dengan seorang pria, suatu hari saya bercerita sedikit tentang hubungan dan pacar saya kepada sahabat saya yg aneh ini lalu dia bilang "kayanya pacar kamu itu laki2 "petualang" kalo bisa jangan percaya sama dia jangan temuin dia lagi, saya takut kamu kenapa2" (padahal dia belum pernah bertemu cuma liat fotonya aja) dan seminggu dari situ ternyata benar saya putus sama pacar saya karena pacar saya selingkuh.
tapi sahabat saya ini juga belum sadar n belum tau kalo dia indigo atau bukan makanya saya pengen tanya kira2 gimana ya cari tahu dia indigo atau bukan, and tempat foto aura itu dimana ya ??
makasih

Anonim mengatakan...

dan satu lagi, sekalipun kuliah kami bukan di bidang astronomi. sahabat saya ini cukup tahu banyak tentang astronomi. pergerakan mathari, bulan, planet2 dll dan dia juga sangat tertarik akan hal itu.

Moch. Nachli mengatakan...

"Anonim mengatakan...
saya adalah salah satu indigo dewasa, saya mendapat5kan gift ini saat usia 26th sejak mama saya meninggal.
saya mempunyai kemampuan bahasa mandarin dan dapat menguasai dengan cepat bahasa yang berhubungan dengan cina.
dan mendapatkan kemampuan mengobati orang lain dengan tenaga dalam."
--Pesan saya, Anda harus rajin menghimpun energi Tenaga dalam--

Moch. Nachli mengatakan...

Untuk yang punya anak indigo supaya memberi konsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi otak, karena otak indigo lebih aktif dari normal, juga untuk anak CI+BI (gifted). Hal ini mengurangi depresi.

Untuk indigo yang bicara sendiri sebenarnya hanya beberapa kata saja jika menemui persoalan dan ditujukan untuk dirinya sendiri untuk didengar, bisa juga supaya didengar oleh orang yang di sebelahnya.

Indigo, makluk halus, dll....anda bisa menambah ilmu di blog klik blog dibawah ini ! Artikelnya Asli semua.

ufo-spiritual.blokspot

zhegard mengatakan...

you are the best created blogging! awesome! can i take your picture sweetheart...?

Dewina khansa deigo mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

Saya indigo dewasa.

Saya pernah rukyah syariah di bilangan Segitiga Senen, Jakpus (dekat gedung wayang)krn saya mengira dihinggapi jin, guess what? yg ada makhluk ghaib di tempat ruqyah malah nanya:"kamu ngapain ke sini?" saya cuman kasih isyarat ke dia tuk diem jangan komentar, selesai rukyah, perukyah mengatakan tidak ada apa2x di diri saya.

Berat tuk jadi seorang indigo terutama bila dikabarkan ttg kejadian buruk yg akan menimpa seseorang, utamanya ajal seseorang, walau waktu persisnya tidak dikabarkan, walau saya baru 4 kali mengalaminya, dan saya selalu berada di sisi beliau2x saat 'pergi' meninggalkan dunia fana....

Kalau boleh memilih....saya tidak ingin seperti ini.....

Saya ingin hidup seperti orang pada umumnya....

Unknown mengatakan...

Ada yg mau bikin grup? Pengen sharing sm2 indigo

Unknown mengatakan...

ASSALLAMUALAIKUM. Ada yg punya komunitas . ayo belajar pengendalian diri hehehe

eci mengatakan...

Saya pernah iseng ikutan test aura online situsnya lupa hasil test saya cristal blue. Bedanya apa ya dengan Indigo terima kasih.

Ruqyah Aswaja Kediri mengatakan...

Ahli Ruqyah Syar'iyyah Kediri